Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Oleh Dinarpus

Senin, 27 Juni 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekalongan melakukan Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kearsipan Internal di Inspektorat Daerah Kota Pekalongan. Tim Pelaksanaan Pengawasan Kearsipan Internal diterima langsung oleh Sekretaris Inspektorat Daerah (Drs. Muchamad Natsir, M.Si) di Aula Inspektorat Daerah Kota Pekalongan dan didampingi Kasubbag Administrasi Umum dan Keuangan ( Aan Cholifah Rofa’a, S.E.)

Tim dari Dinarpus yang hadir antara lain Bapak Agung Tjahjana, Bapak Muhammad Safie,Ibu Nurlaila Sari, dan Ibu Irnania Ariska. Pelaksanaan monitoring tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan internal ini meliputi dari penciptaan arsip, penyusutan arsip, sdm kearsipan dan sarana prasarana kearsipan.

Dalam kegiatan ini ada beberapa bukti kerja yang harus dipersiapkan oleh masing-masing OPD sebagai unit pengolah dan pengelola kearsipan. Antara lain berupa sarana pencatatan pembuatan dan penerimaan naskah dinas berupa buku agenda surat masuk dan surat keluar, disposisi pada masing-masing bidang, surat perintah pelaksanaan tugas, surat dinas keluar dan nota dinas masing-masing bidang.

Pengawasan pemeriksaan ini tidak hanya pada sistem kearsipan saja tapi juga berkaitan dengan penataan fisik arsip. Adanya pengawasan kearsipan bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan arsip menjadi lebih baik. Melalui pengawasan dan monitoring kearsipan juga diharapkan adanya perubahan dan peningkatan pengelolaan arsip berdasarkan dari rekomendasi hasil audit kearsipan.