Seminar Hakordia Tahun 2022

Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap 9 Desember di seluruh dunia dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan tindak korupsi dan bersama berperan untuk mencegah, memerangi, dan memberantas segala bentuk tindakan korupsi. Pada Tahun 2022, telah diselenggarakan rangkaian acara dalam memperingati hari anti korupsi sedunia diantaranya Zoom meeting dengan KPK serta Senam Sehat di halaman Setda Kota Pekalongan pada tanggal 9 desember 2022 yang lalu.

Puncak acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tersebut, diselenggarakan Seminar Hakordia yang bertempat di ruang Jlamprang Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, pada Selasa, 21 Desember 2022 dengan mengusung tema “Generasi Muda Anti Korupsi”. Tema ini mengajak dan memperkuat peran serta seluruh elemen masyarakat terutama generasi muda dalam upaya memerangi korupsi.

Acara diawali dengan sambutan Inspektur Kota Pekalongan, Bapak Nur Priyantomo, SE, MM yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Walikota Pekalongan, H.A Afzan Arslan Djunaid, SE sekaligus sebagai tanda dibukanya acara seminar ini. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Anti Korupsi oleh Walikota Pekalongan dan seluruh peserta seminar yaitu para Kepala OPD, mahasiswa dan pelajar SMA/SMK.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekalongan, H. Salahudin, STP dalam sambutannya menyampaikan edukasi tentang pencegahan tindak pidana korupsi yang merupakan kejahatan yang harus dihadapi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi oleh para narasumber yang hadir yaitu Bapak Khalid Sardi Hatapayo, SH (Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan), Bapak AKP.Sumaryono, SH, MH (Kasat Reskrim Polres Pekalongan), dan Ibu Sri Moyo Nurhayati (Penyuluh Anti Korupsi). Setelah penyampaian materi, terdapat diskusi / tanya jawab antara peserta dan narasumber.