Workshop Evaluasi Sakip

Bertempat di Hotel Quest Prime Semarang, telah digelar acara workshop evaluasi SAKIP berdasarkan Permenpan RB Nomor 88 Tahun 2021 bagi para Inspektur dan seluruh jabatan fungsional (Auditor dan PPUPD) Inspektorat Daerah Kota Pekalongan pada tanggal 6-7 oktober 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala BKPSDM (Ibu Anita Heru Kusmorini) dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Ibu Sri Ruminingsih,S.E, M.Si.

Dalam sambutannya, Ibu Sekda berharap dengan adanya workshop ini, dapat memberikan pemahaman kepada APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) terutama untuk pembekalan dalam rangka evaluasi SAKIP OPD, sehingga setelah kegiatan ini akan tersedia tenaga evaluator yang memadai yang bisa memberikan konsultasi kepada OPD OPD agar penyusunan SAKIP sesuai dengan standar.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber dari inspektorat provinsi jawa tengah, Bapak Bagus Panuntun selaku Kasubbag Analisi dan Evaluasi, dan Ahmad Suhada sebagai Analis Program dan Evaluasi.
Kemudian dilanjutkan diskusi kelompok, dimana peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk simulasi evaluasi SAKIP OPD.

Evaluasi SAKIP merupakan bagian dari siklus manajemen kinerja instansi pemerintah/unit kerja. Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri PANRB No. 88/2021 tentang Evaluasi SAKIP diharapkan para evaluator dapat memiliki acuan yang sama dalam melaksanakan evaluasi.

Pada akhirnya keberhasilan pelaksanaan evaluasi SAKIP diharapkan dapat mewujudkan tujuan dari implementasi SAKIP itu sendiri, yaitu meningkatnya kinerja instansi pemerintah/unit kerja serta meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah terhadap kinerjanya.